> | | | | > Membuat alat pengecek uang palsu dengan led uv (ultraviolet), rangkaian elektronika sederhana pengetes duit yang sangat berguna

Membuat alat pengecek uang palsu dengan led uv (ultraviolet), rangkaian elektronika sederhana pengetes duit yang sangat berguna

Bismillah.
Gambar di samping adalah contoh gambar uang 10.000 rupiah yang disorot dengan sinar ultraviolet (UV). Banyak juga alat-alat pengecek uang palsu / asli menggunakan sinar ultraviolet yang harganya relatif mahal.

Secara umum, cara mengecek uang asli / palsu bisa secara fisik, dengan diraba diterawang dan sebagainya. Cara lain yang bisa dilakukan mengecek uang yaitu dengan sinar ultraviolet, cara ini tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, karena gambar ultraviolet tidak bisa dilihat dengan mata tanpa alat bantu.

Kesempatan kali ini penulis ingin mempraktekan rangkaian sederhana pengetes uang / duit palsu. Rangkain yang sangat sederhana, membutuhkan komponen utama seperti :
  • LED UV (ultravilet), bisa pakai yang ukuran 3mm atau 5mm
  • Resistor (pembatas atau penyesuai arus dan tegangan)
  • Baterai (yang dipakai praktek kali ini 9V baterai kotak)
  • Kabel secukupnya
  • Alat-alat lain yang mendukung


Skema rangkaian alat pengetes uang dengan LED UV


Di atas adalah skema dasar / pokok untuk rangkaian alat pengetes uang palsu dengan menggunakan LED UV, di bawah ini skema dilengkapi dengan saklar push-on button, dengan tujuan untuk menyambung dan memutus arus sewaktu dibutuhkan saja.




Skema diatas sudah dilengkapi dengan saklar push-on button, dari skema diatas bisa diketahu alat alat / komponen yang dibutuhkan :

  • Baterai kotak 9V
  • Konektor baterai kotak
  • saklar push-on button / tactile switch
  • Resistor 330Ohm (orange, orange, coklat, emas) toleransi 5%
  • Led uv (dalam praktek ini menggunkan led uv 3mm)
  • Kabel secukupnya

Menguji rangkaian pada papan Breadboard / Projectboard

Sebelum merangkai komponen-komponen yang disebutkan diatas alangkah baiknya diuji dulu semua komponen untuk memastikan komponen dalam keadaan bagus.

Penampakan layout dengan menggunakan software fritzing, membantu memperjelas rangkaian pada breadboard.



Inilah hasil sebenarnya rangkaian uji pada breadboard alat pengecek uang palsu dengan menggunakan LED UV. Saat-nya untuk mengoperasikan rangkaian yang yang sudah siap pada breadboard.


Praktek pada breadboard berjalan dengan normal dan Led UV menyala seperti yang diinginkan. Gambar diatas menunjukan test dan uji semua komponen berjalan lancar atau dalam keadaan bagus. Komponen yang telah diuji dilepas dari breadboard dan dirangkai pada PCB biasa atau pcb lubang, guna PCB ini untuk meletakan komponen-komponen agar letaknya tetap / tidak berubah-rubah. Foto dibawah ini menunjukkan komponen utama yang akan dirangkai untuk membuat alat pengecek uang asli atau palsu dengan led ultraviolet.



Merangkai komponen alat pengecek uang palsu / asli

Komponen yang sudah dilepas dari breadboard dan telah diuji kelayakkannya, tinggal dirangkai pada PCB lubang yg lubangnya standar DIP atau 2.54mm.



Penampakkan foto diatas adalah komponen setelah dirangkai dan disolder pada PCB. 


Gambar diatas adalah rangkaian yang sudah jadi dan siap digunakan. Dan sekarang saatnya menggunakan alat tersebut pada uang 50.000 yang ada pada penulis.




Gambar ultraviolet pada uang 50rb terlihat saat disorot dengan alat yang sudah dirangkai.

Postingan dan praktek dibuat di BATAM, batuaji untuk TAJIRTRONIK
Software yang digunakan Firefox, LinuxMint, Kicad, fritzing, GIMP dll.
Pengambilan Foto dengan Kamera Nikon D3000.

SEMOGA MANFAAT ....

Kata terkait : Alat pengecek uang palsu / asli, led ultraviolet, LED UV, merangkai pada projectboard / breadboard, praktek merangkai, menguji komponen. Elektronika dasar.
 

Comments:13

  1. Enter your comment...belinya...tanyanya gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli komponen-nya banyak yang jual gan.. di toko komponen elektronik

      Hapus
    2. Bagi pemula akan susah, kira2 butuh biaya berapa ya gan?

      Lumayan kalau jadi, bisa dijual buat dapat uang gratis tambahan.

      Hapus
  2. keren gan, kalo lednya mau banyak misalkan 30 led kira2 rangkaiannya gmn gan, boleh minta dibikinin rangkaiannya ga..heee (ngarep banget)

    BalasHapus
  3. Healrun is a health news blog we provide the latest news about health, Drugs and latest Diseases and conditions. We update our users with health tips and health products reviews. If you want to know any information about health or health product (Side Effects & Benefits) Feel Free To ask HealRun Support Team.

    BalasHapus
  4. Supplements For Fitness without side effects associated with surgery.I know some people who considered natural supplements to lose weight compared to weight loss operations or other sophisticated diets, and said they could lose weight. Again, all options should be considered, but the natural methods to lose weight in the form of

    BalasHapus
  5. Pilpedia is supplying 100 percent original and accurate information at each moment of time around our site and merchandise, and the intent is to improve the usage of good and pure health supplement. For More Info please visit Pilpedia online store.

    BalasHapus
  6. Why people still use to read news papers when in this technological world all is accessible on web?               
    https://www.drozus.com

    BalasHapus
  7. Immune Defence Reviews : To get the invulnerable force from garlic, smash the cloves with the level side of a blade before adding them to your nourishment. This discharges the garlic juice, which has incredible safe properties. Immune Defence Nutrient C, found in citrus foods grown from the ground, additionally helps the body's safe framework. Absence of rest anyway can bring down the resistant framework's capacity to respond when required. Without adequate rest, the insusceptible framework is unable to stay aware of its daily fix work, and makes an opening for sharp maladies.

    https://www.topbodyproducts.com/immune-defence/

    https://twitter.com/body_products/status/1249983234986799106

    https://www.linkedin.com/posts/top-body-products-2171451a4_immunesystem-bacteria-covid-activity-6655753259598344192-isFf/

    http://topbodyproducts.over-blog.com/immunedefence

    https://topbodyproductsreviews.blogspot.com/2020/04/immune-defense-how-it-works-and-its.html

    https://www.reddit.com/user/topbodyproducts/comments/g17ye0/immune_defense_reviews/

    https://sites.google.com/site/topbodyproducts/immune-defence

    BalasHapus
  8. Your blog is very useful and provides tremendous facts. Keep up the good work. Thanks for your publication.
    Justin Atlan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.