> | | > Mengenal Papan Rangkai Non Solder atau Solderless Board atau Breadboard (Protoboard) dan Kabel Jumper

Mengenal Papan Rangkai Non Solder atau Solderless Board atau Breadboard (Protoboard) dan Kabel Jumper


Breadboard SYB120Belajar adalah salah satu kegiatan yang akan menjadikan pelakunya lebih mengerti dibanding dengan sebelumnya. Untuk belajar elektronika dasar diperlukan beberapa alat-alat dasar, seperti komponen elektronika dasar dan sebagainya. Belajar elektronika tidak terlepas dari rangkai-merangkai baik itu komponen dasar ataupun berupa modul-modul.



Papan Rangkai non solder adalah salah satu pilihan untuk belajar menguji suatu project elektronika.
Breadboard (bread board) adalah papan rangkai yang cara memakainya tidak memerlukan penyolderan, tinggal tancap dan cabut jika tidak diperlukan lagi.

Bentuk dan karakteristik Papan Rangkai non Solder (Solderless Board / Breadboard)

Ada berbagai jenis papan rangkai non Solder (breadboard) di pasaran dari yang mini sampai yang besar dan dilengkapi hook untuk digabungkan dengan yang lain. Di sini dibahas satu model yang ada pada penulis yaitu breadboard SYB120 yang harganya cukup murah. Mengenal satu jenis model ini bisa untuk modal mengenal karakteristik jenis-jenis yang lainnya. Secara fisik ukuran dari breadboard (papan rangkai non solder) ini berukuran panjang 176 mm, lebar 46 mm dan tebal sekitar 8 mm. Berikut gambar dari breadboard SYB120

syb120

Breadboard SYB120, mempunyai lubang pada masing-masing sudutnya untuk baut, selain empat lubang tersebut, jumlah semua lubang untuk tancap cabut pin berjumlah 700 lubang untuk pin, jarak normal masing-masing lubang titik untuk pin (pitch) adalah 2,54 mm atau 1/10 inchi.

syb120 relation

Pada gambar terlihat garis warna hijau, ada yang vertikal (garis dari bawah ke atas) dan yang horizontal (dari kiri ke kanan atau sebaliknya), garis tersebut penulis maksudkan untuk mewakili hubungan antara titik-titik lubang pin yang tersambung, jadi jika tidak terhubung oleh garis warna hijau, itu artinya titik-titik lubang pin itu tidak terhubung atau tidak menghantar listrik.

Semoga dari gambar dan penjelasan yang sedikit ini bisa memberikan sedikit gambaran dari papan rangkai non solder yang ini adalah salah satu alat penting untuk belajar elektronika dalam trial dan error.

Kabel Jumper

Tidak lengkap kiranya, jika sudah mengetahui breadboard tidak melengkapinya dengan kabel jumpernya, Kabel yang khusus ujung pinnya disesuaikan dengan lubang-lubang breadboard, ujungnya agak kaku dan tengahnya lentur atau lemas seperti kabel biasa, berikut adalah gambar ujung kabel jumper :

ujung jumper

Kabel jumper ini juga ada beberapa macam, dan juga panjang pendeknya disesuaikan keperluan.

kabel jumper

Disamping untuk elektronika dasar, kabel jumper dan breadboard juga digunakan untuk project Arduino, avr, robotik, mikrokontroler dan lain-lain.


Sedikit penjelasan dan gambar di atas semoga bisa membantu bagi para pendatang baru yang ingin belajar elektronika dasar.



Posting ini dibuat dan dikelola dengan Firefox, Linuxmint, Gimp, kamera sonyericsson k800i dan lain-lain, tempat pembuatan posting di BATAM.
Shortlink http://goo.gl/fzAr0L
Kata terkait : Breadboard, papan rangkai non solder, robotik, arduino, kabel jumper, avr, mikrokontroler.
 

Comments:3

  1. sip perbekalan yang harus dipunyai untuk persiapan mainan mikro kontroller. jangan lupa posting tentang arduinonya gan..macem macemnya mulai yang nano, uno, dan pro

    ReplyDelete
  2. Mo beli arduino dimana ya? Berapa?

    ReplyDelete
  3. Ka saya kan pake yang beardboard nya yang atasanya ada 2 lobang... nah rabgakaian dah sama... tapi kenapa hanya menyala doang ya kak?? Mohon dong kak penjelesannya...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.