> | | | | > Pendeteksi uang palsu / asli pakai led UV (ultraviolet) dan cara membuat-nya, DIY USB money detector (detektor duit)

Pendeteksi uang palsu / asli pakai led UV (ultraviolet) dan cara membuat-nya, DIY USB money detector (detektor duit)

USB Money Detector (detektor uang palsu USB)
Bismillah .
Alat sederhana yang terlihat pada gambar disamping adalah alat rakitan yang bisa digunakan untuk mendeteksi / mengecek uang asli / palsu. Alat tersebut bisa dinamakan detektor uang palsu / asli.

Prinsip kerja dari detektor uang ini adalah memanfaatkan sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh led UV, led ini bukan led biasa, yang sekedar memancarkan cahaya, tapi led UV memancarkan cahaya ultraviolet, jika cahaya ini menerpa atau mengenai object yang ada bahan cetak dari tinta ultraviolet, maka hasil cetak tinta ultraviolet dapat terlihat oleh mata. Dimana tinta ultraviolet ini secara biasa tidak bisa terlihat.


Di khalayak ramai, uang indonesia dari mulai pecahan Rp 5000 sudah ada marking / tanda yang memakai cetakan ultraviolet, jika gambar / tanda ini terkena sinar ultraviolet maka bisa dilihat dengan mata. Jadilah alat sederhana ini bisa untuk mengecek / mendeteksi uang apakah palsu / asli dilihat dari sisi pengaman cetaka ultraviolet yang ada pada uang tersebut.

Ide penulis untuk membuat alat ini adalah simple, bisa dibuat untuk latihan dasar merangkai komponen elekronika. Secara skematik alat diatas bisa diwakilkan dengan gambar skema dibawah ini :

Skema rangkaian detektor uang dengan USB by tajirtronik

Merujuk dari skema diatas ada 3 komponen pokok:

  1. USB Connector (Male)
  2. Led UV (ultraviolet)
  3. Resistor nilai 100 Ohm
Komponen diatas secara umum bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Komponen yang dibutuhkan untuk merakit detektor uang
Dari ketiga komponen diatas bisa dijelaskan secara singkat :
  • USB Connector Male
USB Connector seperti gambar diatas mempunya 4 pin terminal, yang digunakan disini 2 terminal (pin) saja, pin kesatu (vcc) dan keempat (gnd).
Dengan gambar dibawah ini semoga bisa menjelaskan sedikit karakteristik dari USB Connector tersebut :





Penjelasan pin-out diatas sebagai rujukan agar tidak salah / terbalik dalam merangkai. Standar keluaran tegangan / voltage dari USB adalah 5V.


  • Led UV (ultraviolet)
Led UV ini membutuhkan tagangan / voltage agak besar dibandingkan dengan Led indikator biasa, yaitu untuk bisa menyalakan led ini butuh setidaknya 3V sampai 3.4V, secara umum pin (kaki) led yang panjang mempunyai polaritas positif (+) dan yang lebih pendek mempunyai polaritas negatif (-). Arus yang dibutuhkan oleh led UV sekitar 20mA.

  • Resistor 
Resistor yang digunakan disini mempunyai nilai 100 Ohm yang disimbolkan dengan warna coklat, hitam, coklat dan emas. Fungsi dari resistor (tahanan) dalam rangkaian detektor uang ini adalah membatasi kelebihan tegangan dari catu USB yaitu 5V menjadi sekitar 3V, dimana tegangan 3V ini akan digunakan untuk menyalakan LED UV.

Setelah sedikit mengenal komponen diatas dan merujuk pada skema rangkaian maka bisa dirakit menjadi seperti gambar dibawah ini.

Merakit LED UV dan resistor
Perhatikan dalam merakit / menyolder, polaritas pin USB dan kaki-kaki (pin) dari LED USB harus benar, jika terbalik maka led tidak akan menyala. Setelah dirangkai dengan baik dan benar, tinggal ditutup rakitannya dengan rumah USB-nya.

USB Detector Money setelah siap dirakit
Alat detektor uang palsu dengan memakai 1 led UV telah selesai dirakit dan alat ini dioperasikan bisa menggunakan terminal USB yang ada pada :
  • Komputer PC
  • Laptop
  • Power bank
  • USB Host pada stop kontak
  • dll

Harapan penulis, semoga tulisan diatas banyak manfaatnya, posting ini dibuat di Batu Aji Batam untuk Tajirtronik.
Posting menggunakan software Linux Mint, Firefox, fritzing dll.
Olah gambar menggunakan GIMP, pengambilan foto dengan kamera Nikon DSLR D3000.

Bagi yang membutuhkan informasi LED UV bisa lihat di SINI, resistor di SINI atau di SINI, dan USB Connector Male di SINI

Comments:13

  1. Bisa kirim foto saat menyala dan diarahkan ke uang yang diperiksa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan simak lagi gambar-nya gan .. sudah saya sertakan penampakkan penggunaan usb led uv, maaf jika gambarnya kurang jelas ..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Terimakasih atas replynya yg super cepat. Bisa minta tolong difotokan lagi dengan pencahayaan normal ?

      Delete
    4. Untuk pencahayaan normal kurang jelas hasilnya, itu diambil agak gelap jadi pendaran gambar ultraviolet terlihat lebih jelas ..

      Delete
  2. kira-kira bisa dibuat memanjang gak ya????

    ReplyDelete
  3. Bisa dengan diparallel led-nya ..

    ReplyDelete
  4. bang Led UV (ultraviolet) dimana dapatnya ???

    ReplyDelete
  5. Bang klo mo d pararel smpe 4 led,ap harus d tmbah resistornya?? Maaf saya banyak tanya. . saya Bru newbie.

    ReplyDelete
  6. Broh broh brooohhhhh.... Nanya bolrh yah, hehehe.. 1. udah saya bikin kan, tp koq ga nongol air muka atau apalah di 50an lama, klo yg baru cuman logo bi doang... 2, klo colok lsg ke listrik knp2 ga yah (angus, korslet atau apa) 3, klo bikin detektor pake neon yg batre AAA itu tapi dual power ( colok listrik bisa, power bank bisa atau pake batre charger mungkin) mungkin ga yah?? Tolong dipost detil bahan en cara buatny yah gan... Thanx banyak2....

    ReplyDelete

Powered by Blogger.